Tips Agar Anak Rajin Mengerjakan Shalat

Sebagai orangtua, bila melihat ada anak yang rajin shalat tertib beribadah, pasti sedikit banyak terbersit rasa iri di hati. Sebab anak shaleh, dapat menolong kedua orangtuanya kelak setelah berada di ahirat. Diberikan mahkota yang gemerlap dan masuk surga Allah bersama-sama.

Tapi untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Banyak hal yang harus diajarkan terutama ibadah shalatnya, di mana hal tersebut yang akan dihisap di hadapan Allah untuk kali pertama.

Berikut Tips Agar Anak Rajin Mengerjakan Shalat


1] Jadilah Contoh Yang Baik 
Jadilah contoh orangtua yang baik bagi putra-putri Anda di rumah, karena dengan jalan itu nasihat dan perintah jadi efektif ditaati dan dilaksanakan anak-anak. Shalat Anda ditertibkan dengan cara tepat waktu saat mengerjakan dengan rutin pergi ke masjid bila mendengar suara adzan meski dalam keadaan sibuk, khusuk tidak tergesa-gesa membaca doa, dan lain sebagainya. Sebagian contoh tersebut bila dilakukan dengan teratur dan tertib, Insyaalloh anak-anak juga akan melakukan hal yang sama. Sebab tingkah laku seorang anak merupakan cerminan dari orangtuanya.

2] Ajak Anak Pergi Ke Masjid
Mengajak anak pergi ke masjid juga salah satu ide bagus, tapi praktiknya harus bersama dengan Anda. Jangan sampai hanya ucapan, menyuruh berangkat tetapi Anda sendiri justru santai di rumah, menoton tv padahal kenyataanya adzan di masjid terdengar begitu keras memanggil. Ini juga tidak boleh dilakukan. Jangan menjadi orangtua egois, yang bisanya cuma menuntut kebaikan anak namun diri sendiri malas berbuat hal serupa.

3] Dampingi Saat Beribadah
Jaman sudah canggih, banyak aplikasi ibadah tersedia di gedged, dan sebagai orangtua yng sibuk hanya memberikan itu pada anak-anak untuk belajar. Sedapat mungkin dampingilah jangan biarkan anak belajar dan mencari tahu sendiri. Belajar melalui aplikasi dengan belajar secara langsung pasti terasa sangat berbeda. Di samping itu dengan melakukan cara ini, anak jadi merasa diperhatikan oleh orangtuanya, dengan demikian ada semangat di dalam hati anak untuk lebih rajin beribadah lagi.

4] Beri Sangsi Bila Melanggar
Beri sangsi bila melanggar peraturan. Hukuman paling baik adalah yang bermanfaat menyadarkan kesalahan secara efektif. Misalnya dengan melarang pergi bermain dan membantu pekerjaan rumah, menyetop uang saku sekolah sehingga anak makan banyak saat sarapan sebab cemas kelaparan di sekolah. Hal demikian itu akan menjadi pelajaran bernilai positif kala anak mulai melawan nasihat orangtuanya untuk rajin shalat. Atau semisal dengan menceritakan suatu kisah pilu seseorang yang tidak mau taat beribadah kepada Allah, dan mendapat hukuman di dunia, dan beragam kisah menarik lainnya. Anda bisa memperolehnya di beberapa aplikasi Islami pada Android yang sekarang tersedia, atau membeli buku-buku cerita di toko buku fisik atau online di marketplace.

5] Berdoa
Jika cara keempat tidak dapat mengatasi sikap nakal anak, tetap tidak mau mengerjakan shalat, maka jalan terakhir dan satu-satunya yaitu dengan kekuatan doa tidak putus asa. Selalu mendoakan yang terbaik untuk anak-anak, dan selalu berusaha menjadi panutan yang baik pula. Bila ada dana bisa membawa anak untuk diterapi, atau bila ada waktu dapat mendatangi ustadz untuk meminta nasihat dan jalan keluar. Intinya sebagai orangtua jangan sampai merasa lelah dan patah semangat dalam mendidik putra dan putri Anda menjadi anak-anak sukses dan hebat.
Banner iklan disini