Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Allah SWT bersabda, ‘’Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan disisi Allah pahala yang besar.’’ (QS At Taqobun : 15) Tertulis sudah bahwa dari ayat tersebut menerangkan bahwa seorang anak adalah cobaan. Baik buruknya anak tergantung dari pengasuhan dan pendidikan orangtunya, di mana akan menjadi pahala jika mampu merawatnya dengan baik dan benar.

Namun mendidik anak jaman sekarang berbeda dengan tempo dulu, di mana pengaruh internet tidak sepesat seperti sekarang ini, bahkan boleh dikatakan tidak ada sama sekali. Kenyataan tersebut benar-benar memprihatinkan. Jika tidak didampingi oleh orangtua, dicemaskan dapat merusak perkembangan mental dan pola pikirnya. Waktu belajar, beribadah hingga bersosialisasi dengan orang lainpun ikut berkurang.

Nah, jika anda takut akan anak-anak Anda kecanduan gadged, atau bahkan sudah kecanduan dan ingin menghilangkannya, berikut ada beberapa tips untuk mengatasinya.


Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadgeg Menurut Hukum Islam

1] Ajari Anak Cara Beribadah Yang Benar
Mengajari anak cara beribadah dengan benar, ini merupakan langkah pertama yang harus Anda ajarkan pada anak-anak, tentu dalam pelaksanaannya Anda harus mau menertibkan ibadah Anda terlebih dahulu, sebelum mengajari mereka. Memberi contoh yang baik dengan begitu nasihat dan perintah didengarkan. Mengajarinya dapat berupa : mengajak pergi shalat berjamaah ke masjid, mengajak serta pergi mengaji atau kegiatan lain yang ada hubungannya dengan aqidah agama.

2] Ajak Menekuni Hobinya
Setiap anak itu terlahir unik. Anda dapat menggali potensinya sedari kecil dan mengarahkan ke hal yang bermanfaat. Di saat ada waktu luang, ajaklah anak mengerjakan kegemarannya. Tidak perlu harus keluar rumah, di seputar halaman juga bisa. Misalnya olahraga kecil bermain tenis meja yang tidak membutuhkan lapangan luas, atau arahkan mereka mendengarkan murottal Al Qur’an, agar anak punya keinginan menjadi qori atau qori’ah dan lain  sebagainya, di mana hal tersebut bisa juga didapatkan pada beberapa aplikasi berbasis Islam di Playstore yang dapat diunduh secara gratis.

3] Fasilitasi Area Bermainnya
Keberadaan gadged di tangan anak, bisa Anda gantikan dengan cara memberinya fasilitas area bermain, seperti : menyediakan alat peraga melukis dan menggambar bila kebetulan anak mempunyai hobi itu, buku dan majalah bila hobi membaca, bola berikut lapangan kecilnya bila senang bermain olahraga sepak boladan lain-lain.

4] Sering Mengajak Keluar Rumah
Salah satu faktor anak kecanduan gadged, karena ia merasa jenuh terhadap lingkungan sekitar, kemudian mencari pelarian. Intropeksilah! Bisa jadi semua bersumber dari kesalahan orangtua pada awalnya yang memberinya gadged supaya anak diam dan tidak rewel sebab memiliki banyak kesibukan. Jika memang demikian Anda dapat memberinya pengertian dan luangkan waktu bersama untuk sekadar mengajaknya bermain guna mengalihkan perhatiannya pada gadged. Tidak harus mahal, dengan pergi mengunjungi kakek nenek atau saudara lain secara rutin, itu sudah jadi bukti bahwa Anda memerhatikan dirinya.

5] Mengajak Ke Hal-hal Positif
Dan teraakhir ini adalah solusi lain, misalnya jika Anda memiliki sebuah komunitas membantu sesama seperti yayasan atau perkumpulan, libatkan anak untuk bergabung di dalamnya. Ajaklah ke tempat di mana anak lain sangat menghargai waktu. Melihat anak-anak panti asuhan yang berkerja keras mengumpulkan rupiah demi kelancaran panti, atau memperkenalkannya kepada mereka misalnya para tuna wisma di pinggir jalan. Akan menyadarkan mereka memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan tidak dihabiskan dengan sibuk bermain gadged.

Itulah tadi beberapa Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadgeg Menurut Hukum Islam, semoga bermanfaat.
Banner iklan disini