5 Tips Agar Tidak Terjerumus Dalam Perzinahan

Allah swt berfirman, ‘’Dan janganlah kalian dekat-dekat dengan zina! Sesungguhnya zina itu kotor dan sejelek-jeleknya jalan.’’ (QS Al Isro’ : 32). Dari ayat ini jelas menyebutkan bahwa sebagai orang iman Allah melarang keras mendekati perbuatan zina, sebab zina itu kotor dan sejelek-jeleknya jalan. Selain itu juga salah satu dosa besar yang dilakukan oleh anak manusia yang keberadaannya sangat dimukai Allah.

Begitu hina dan rendahnya, hingga tak ada kafaroh apapun yang bisa dijadikan sebagai jaminan, untuk menebus kesalahan yang telah dilakukan. Bahwa dosa akan diringankan atau diampuni di akhirat nanti. Sangat berat! Sehingga sebagai orang iman harus takut dan menghindar jauh.

Namun lagi-lagi sikap jahat syetan dan iblis, yang selalu iri dengan nikmat manusia, selalu berusaha menjerumuskan supaya berbuat maksiyat. Bagaimana cara menjauhinya?


Berikut 5 Tips Agar Tidak Terjerumus Dalam Perzinahan

1] Tetap Rajin Beribadah
Godaan syetan dan iblis tidak akan pernah bisa masuk dan memengaruhi orang iman, jika dirinya rajin beribadah karena Allah. Orang yang lemah iman, rentan terpengaruh oleh godaan syetan dan iblis. Oleh sebab itu, sebagai orang iman tetaplah rajin beribadah, mempertebal keimanan serta keyakinan di dalam hati, sehingga tidak gampang terpengaruh. Sebab syetan dan iblis hanya akan menguasai hati dan pikiran manusia, yang malas beribadah!

2] Rutin Melakukan Ibadah Sunnah
Untuk menambah timbangan amal baik di akhirat, salah satu jalan mewujudkannya yaitu dengan melakukan ibadah sunnah. Selain itu juga dapat mengalihkan pandangan dari pikiran dari perbuatan hal yang dilarang Allah. Banyak sekali yang dapat dilakukan disela-sela aktifitas rutin Anda. Tinggal menyesuaikan jadwal kesibukan dan waktu luang. Seperti : shalat Dhuha di pagi hari sebelum kerja dapat memperlancar rejeki, membaca istigfar membuat hati tenang dari masalah berat, puasa menjadikan pribadi santun dan bersahaja, dan lain sebagainya.

3] Bergaul Dengan Orang-orang Shaleh
Sekuat apapun prinsip dan kepribadian seseorang, jika ceroboh bersikap dan salah memilih teman pergaulan, akan berdampak buruk pada perkembangan mental maupun keimanannya. Terkait cara menghindari perzinahan, disarankan untuk selektif ketika berinteraksi dengan orang lain. Bergaul dengan orang-orang shaleh lagi sukses hidup itu solusi bagus. Bukan berarti berteman dengan orang tidak berpunya tidak boleh. Namun dengan memutuskan akrab dengan orang shaleh lagi sukses, secara tidak langsung Anda dapat belajar banyak darinya, tentang keshalehannya dan juga kesuksesannya dalam hidup, sehingga diharapkan Anda dapat tertular hal baik yang ada pada dirinya.

4] Menyibukkan Diri Dengan Pekerjaan
Pekerjaan atau melakukan hobi yang positif, terbukti ampuh menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak bermafaat. Jika kebetulan Anda memiliki hal tersebut, jangan disia-siakan! Fokus dan kembangkanlah bakat atau kinerja Anda, supaya mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Bukan justru dihabiskan dengan melakukan perbuatan maksiyat yang dibenci Allah dan Rasululloh.

5] Menikah
Menikah ditengarai dapat mengantisipasi terjadinya hal buruk zina. Menyelamatkankeimanan dari perbuatan hina yaitu zina. Karenanya bila dirasa telah mampu ditilik dari segi : mental, finansial, dan masa depan telah siap semua, maka menikahlah! Jangan menjerumuskan diri ke hal yang dilarang Allah, yang jika suatu saat Anda sadari hanya akanAnda sesali. Namun bila merasa memang belum mampu, tapi keinginan menggebu, maka berpuasalah! Ini lebih baik daripada melakukan perbuatan maksiyat yang dimurkai Allah.
Banner iklan disini