Tips Agar Terhindar Dari Gosip

Rasanya tidak ada yang lebih buruk daripada mendapat ujian diperbincangkan buruk oleh orang lain atau orang-orang di sekitar kita. Namun di atas yang telah terjadi dan menimpa Anda, selayaknya patut direnungkan. Bisa jadi orang berbuat buruk dan tidak menyenangkan, karena diri sendirilah yang jadi pemicunya.

Memang dosa-dosa menjadi dikurangi dan ditimpakan pada orang yang menggunjingkan orang lain. Tapi akankah Anda sesabar itu bila setiap hari mengalami dan menghadapi? Sesabarnya manusia terkadang juga bisa lepas kendali. Mekipun sikap sabar diperintahkan oleh Allah dan orang yang suka menebar fitnah juga dilarang, tetap saja sebagai orang beriman, hendaknya mencontoh perilaku Rasullloh agar terhindar dari gosip dan fitnah.


Berikut Enam Tips Agar Terhindar Dari Gosip

1] Tidak Suka Pamer
Jika tak ingin menjadi korban gosip, ya jangan suka pamer tentang keberhasilan hidup supaya orang tidak mencurigainya yang bukan-bukan, kemudian berujung dengan fitnahan. Misalnya Anda tiba-tiba sukses mengelola bisnis yang baru dikelola kemarin sore, di sisi lain teman Anda juga bisnis serupa bahkan telah lama berdiri. Karena kelihaian dan kecerdikan Anda, akhirnya dapat berkembang dengan pesat, mengungguli teman tersebut. Anda jadi lupa diri, di depan matanya pamer. Ini yang memicu teman iri dan dengki, lalu menyebarkan fitnah dan gosip tidak benar tentang keberhasilan Anda. Padahal sejatinya terjadi akibat sikap buruk Anda sendiri yang suka pamer.

2] Bijak Menggunakan Akun Sosmed
Di era informasi ini, siapa yang tak memiliki akun sosmed, hampir dipastikan semua orang mempunyai, tak terkecuali Anda. Tak mau menjadi bulan-bulanan pergunjingan orang lain, bijaklah menggunakan akun sosmed yang Anda pergunakan. Jangan memancing orang di sekitar Anda terutama teman di kehidupan nyata, menjadi berkomentar miring terhadap diri Anda. Gunakan sewajarnya selayaknya kita berinteraksi dengan teman atau orang lain, jangan sampai berlebih. Apalagi bila telah mempunyai pasangangan hidup, jaga dan hormatilah perasaannya. Jangan memantik api sebab bila terlanjur terbakar sakit rasanya.

3] Tidak Gemar Menghina Orang Lain
Gemar menghina orang lain, tanpa memandang keadaan diri sendiri itu juga tidak boleh. Jika merasa memimiliki derajad yang sama, kenapa harus merendahkan? Tak ingin mendapat malu bukan bila Anda jadi bahan perbincangan orang sekitar sebab dianggap orang yang tidak mau berkaca?

4] Menjadi Orang Penyabar
Menjadi orang penyabar memang sulit! Namun bukan berarti ini hal tersebut tidak bisa dikerjakan. Anda dapat melatih sifat mulia itu sedikit demi sedikit dari diri Anda. Misalnya sabar ketika mendapat ujian dari Allah dengan mendapat fitnah dari teman-teman terdekat Anda. Diam dan tidak mambalas perbuatan buruk mereka, akan meredakan suasana. Secara otomatis akan lelah dan malas membicarakan Anda sebab Anda orang sabar. Selain itu Anda juga lebih dihormati sebab sikap terpuji tersebut.

5] Rajin Beribadah
Rajin ibadah mendekatkan diri kepada Allah tidak saja mendapat pahala dan memperoleh ketenagan, akan tetapi membuat Anda semakin dihormati oleh orang lain. Dengan sendirinya orang merasa segan, sebab sikap dan perilaku Anda mencerminkan pribadi yang takwa.

6] Berteman Dengan Teman Yang Baik
Berteman dengan orang baik, juga ditengarai dapat menjadi penyebab diri terselamatkan dari fitnah dan gosip tidak penting. Tanpa Anda sadari perilaku juga jadi berubah baik, mengkuti teman bergaul. Bila sudah begini masihkah gosip menghampiri? Benar namanya pembenci tetap saja pembenci. Tapi selama Anda tidak membuka jalan, hal buruk demikian masih dapat diatasi.
Banner iklan disini