Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android, Mudah dan Gratis!

Pernahkan Anda mengalami yang namanya kehilangan data? Jika data tersebut tidak penting, mungkin kita biasa saja. Namun apa jadinya jika ternyata data tersebut sangat penting? Pasti akan membuat Anda panik bukan kepalang. Human eror seperti tidak sengaja menghapus file penting seperti file video memang cukup sering dialami para pengguna Android. Smartphone Android memang menjadi perangkat yang canggih, namun sayangnya hingga saat ini belum dibekali dengan sistem recycle bin untuk menyimpan data-data yang sudah terhapus. Lalu bagaimana cara mengembalikan video yang terhapus di Android? Untuk Anda yang mengalami masalah seperti ini, langsung saja simak penjelasan lengkapnya dalam artikel kali ini.


3 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus dengan Bantuan Aplikasi Tanpa Root

Menggunakan Software FonePay
Cara mengembalikan video yang terhapus yang pertama adalah dengan memanfaatkan software Fonepay Android Data Recovery. Software ini sangat ampuh untuk mengembalikan file video Anda tanpa harus root ponsel. Berikut cara menggunakannya:

  • 1. Pertama, Anda perlu menyiapkan perangkat komputer dan instal aplikasi Fonepay di PC atau Laptop Anda. Lanjutkan dengan menghubungkan smartphone Android Anda dengan PC melalui kabel USB.
  • 2. Buka aplikasi, akan muncul banyak pilihan jenis file yang ingin dikembalikan. Pilih file video kemudian klik next.
  • 3. Kemudian akan muncul file-file video Anda yang sudah terhapus, pilih file video mana yang akan dikembalikan. Terakhir klik recover, maka file video tersebut akan kembali ke memori ponsel Anda.


Menggunakan Aplikasi Yodot Recovery
Aplikasi lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai cara mengembalikan video yang terhapus adalah aplikasi Yodot Recovery for Android. Aplikasi ini bisa mengembalikasn file video di Android yang terhapus baik sengaja maupun tidak disengaja. Berikut langkah-langkahnya:

  • 1. Pertama-tama, unduh dan instal aplikasi Yodot Recovery di PC atau Laptop Anda. Kemudian hubungkan PC dengan Android melalui kabel USB.
  • 2. Anda akan dibawa pada halaman utama yang langsung bisa memilih opsi untuk mengembalikan file yang terhapus. 
  • 3. Aplikasi akan menampilkan file-file yang sudah terhapus dari memori ponsel Android Anda. Langsung saja pilih file video mana yang akan dikembalikan. Tunggu beberapa saat hingga proses mengembalikan video berhasil.


Menggunakan Aplikasi Video Recovery
Jika tidak ingin repot-repot menggunakan bantuan perangkat komputer, Anda bisa memilih aplikasi Video Recovery untuk memulihkan file video Anda yang terhapus. Berikut cara mudahnya:

  • 1. Pertama, unduh dan instal Aplikasi Video Recovery ke ponsel Android Anda. Setelah terinstal buka aplikasi tersebut.
  • 2. Kemudian pilih opsi Also Recovery in SD Card, lanjutkan dengan memilih recovery method.
  • 3. Tunggu saja proses yang sedang berjalan selesai, maka file video Anda yang terhapus akan dipulihkan ke penyimpanan semula.

Itulah 3 cara mengembalikan video yang terhapus dengan mudah dan aman, Selain ketiga aplikasi yang sudah disebutkan diatas, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Dumpster Photo & Video Restore yang juga dapat memulihkan file video yang terhapus. Aplikasi ini akan bertindak sebagai recycle bin di ponsel Anda, sehingga ketika ada foto yang dihapus maka akan ditampung terlebih dahulu oleh aplikasi ini. Bahkan aplikasi tidak hanya memulihkan file foto dan video saja, melainkan juga file mp3. Sangat membantu bukan? Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca.