Tidak Sengaja Terhapus? Begini Cara Menampilkan Aplikasi yang Hilang di Android

Aplikasi merupakan sesuatu yang bisa dibongkar-pasang, sehingga keberadaannya tidak bertahan selamanya. Bahkan pada Android root, pengguna diberi kewenangan untuk menghapus aplikasi bawaan dengan bantuan aplikasi dari pihak ketiga. Saking mudahnya, aplikasi di Adnroid juga bisa hilang dengan sendirinya atau terhapus secara tidak sengaja. Tentu hal ini akan sedikit membingungkan, apalagi jika aplikasi tersebut penting. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut kami sajikan solusi cerdas cara menampilkan aplikasi yang hilang di Android.


Cara Menampilkan Aplikasi yang Hilang di Android dengan Mudah

1. Melakukan Restart Perangkat Android
Langkah paling mudah untuk menampilkan aplikasi yang hilang di Android yiatu dengan melakukan restart pada perangkat. Cara ini biasanya dilakukan apabila aplikasi tiba-tiba hilang akibat terjadi eror pada sistem atau performa Android menurun akibat digunakan bermain game-game berat. Cara ini dilakukan untuk merefresh perangkat dengan menutup semua aktivitas di latar belakang sehingga nantinya ketika nyala perangkat dapat memunculkan dan menjalankan semua aplikasi dengan baik. Jika hanya dengan melakukan reset aplikasi yang dicari masih belum muncul, maka pengguna bisa mematikan perangkat dan melepas baterainya untuk kemudian dinyalakan kembali.

2. Memeriksa Kondisi SD Card
Selain disebabkan oleh adanya eror pada sistem, aplikasi yang hilang di Android juga bisa disebabkan karena kondisi SD card tidak baik (tercabut atau eror). Biasanya, kondisi ini hanya terjadi pada aplikasi yang tersimpan di memori eksternal. Jadi, untuk mendeteksi kejadian ini, pengguna hanya perlu memperhatikan aplikasi apa saja yang hilang. Jika memang dirasa aplikasi yang hilang merupakan aplikasi pada karta memori, maka sebaiknya periksa keadaan SD card pada perangkat.

3. Menghapus Data dan Cache
Cara menampilkan aplikasi yang hilang di Android lainnya yiatu dengan menghapus data dan cache. Cara ini dilakukan apabila aplikasi hilang akibat temporary file atau crush dimana beberapa aplikasi yang memuat banyak file sampah akan membutuhkan kapasitas memori yang besar sehingga mengganggu jalannya aktivitas aplikasi lainnya. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, pengguna bisa menghapus data dan melakukan pembersihan cache pada aplikasi yang menimbulkan crush.
Cara membersihkan data dan cache aplikasi sangatlah mudah, pengguna hanya perlu membuka aplikasi melalui menu pengaturan dan memilih manager aplikasi. Jika aplikasi sudah terbuka, maka langsung saja memilih dan klik “clear data” yang terletak pada bagian paling bawah. Biasanya aplikasi yang memiliki cache terbesar adalah browser.

4. Melakukan Reset Factory Perangkat Android
Cara terakhir ini merupakan langkah yang paling beresiko dalam menampilkan kembali aplikasi yang hilang di Android. Melalui cara ini, nantinya semua data dan aplikasi yang telah terinstall pada perangkat akan hilang kecuali aplikasi bawaan. Cara ini sebaiknya digunakan jika aplikasi yang hilang merupakan aplikasi bawaan yang tidak bisa diunduh ulang di Google Play Store.
Reset Factory ini bertujuan untuk mengembalikan perangkat kembali baru dengan setelan pabrik. sebelum melakukan reset factory sebaiknya Anda melakukan backup dan restore agar semua data yang ada di dalamnya tersimpan dan dapat dikembalikan lagi setelah direset. Cara melakukan reset factory sangatlah mudah, pengguna hanya perlu membuka menu Setting, memilih Backup & Reset dan klik Reset Factory maka secara otomatis perangkat akan mereset semua pengaturan pada Android.

Sebenarnya, cara menampilkan aplikasi yang hilang di Android paling gampang yaitu melakukan pengunduhan di Google Play Store dan menginstall ulang. Namun, langkah ini tentu membutuhkan koneksi jaringan internet dan hanya bisa dilakukan untuk aplikasi di luar perangkat.