Enam Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berdonasi

Menjamurnya donasi online menjadi bukti masih adanya kepedulian yang dimiliki oleh anak bangsa. Meski demikian kita tetap harus waspada akan adanya praktik penipuan yang mengatasnamakan yayasan ataupun lembaga yang menghimpun sumbangan. Jadi ada baiknya sebelum berdonasi kita memastikan lebih dulu kebenaran dan keabsahan dari acara maupun pihak penyelenggara.

“Telurusi pemilik atau organisasinya lalu lihat perilaku dari organisasi dan komunitas pengusung melalui sosial media yang ia miliki,” kata Akbar Amalludin, pendiri Koin untuk Negeri kepada halallifestyle, akhir pekan lalu.

Koin untuk Negeri pun berbagi tips mengenai cara dan mengetahui tempat berdonasi tersebut sudah terpercaya dan benar menyalurkan donasi Anda, apalagi jika donasi diberikan dengan cara transfer.


"Sebaiknya Anda bisa memberikan secara langsung ke pihak penerima” ujar Akbar sambil memberikan tips sederhana sebelum Anda berdonasi, yaitu:

1. Memastikan organisasi atau pihak penyelenggara valid. Ini penting agar Anda terhindar dari penipuan, apalagi jika Anda akan berdonasi dalam jumlah yang besar.

2. Mencari informasi mengenai siapa saja yang terlibat dalam pengadaan donasi, yakni dengan mencari tahu melalui media yang sudah memuat tentang komunitas atau penyelenggara baik online maupun offline, termasuk melalui media cetak, televisi hingga internet.

3. Mempelajari organisasi ataupun penyelenggara melalui media yang dimilikinya. Baik dalam bentuk website, facebook, Instagram maupun media sosial lainnya yang memaparkan mengenai kegiatan dan arah bergeraknya.

4. Melibatkan orang-orang disekitar Anda baik teman ataupun keluarga untuk meminta informasi mengenai kebenarannya.

5. Hal yang patut Anda teliti adalah memastikan bahwa pemilik nomor rekening yang tertera adalah benar, dengan cara bertanya mengenai biodata atau aktivitas sebelum melakukan donasi.

6. Memastikan bahwa organisasi ataupun penyelenggara memiliki alamat kantor atau sekretariat. Ini merupakan cara paling mudah untuk mengetahui kebenaran donasi. Terlebih apabila alamatnya mudah untuk Anda jangkau.(Salsabila Audria)


Sumber: halallifestyle.id